Soft Launching Bursa dan Pameran Sentra Tosan Aji di Pasar Seni Gabusan

Pemerintah Kabupaten Bantul bekerja sama dengan paguyuban-paguyuban keris di Yogyakarta menggelar Acara Soft Launching Bursa dan Pameran Sentra Tosan Aji di Pasar Seni Gabusan yang dibuka oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih pada (27/06). Acara ini diharapkan dapat menjadi wadah pecinta dan paguyuban keris di Yogyakarta. Bursa dan pameran ini digelar pada tanggal 27-29 Mei 2022 lalu dan diikuti kurang lebih 70 peserta dari, DIY, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Bupati Bantul mengatakan pelestarian keris perlu terus dikembangkan, sektor perdagangan dan ekonomi kreatif yang terkait dengan keris dan tosan aji juga perlu didukung. Oleh karena itu Kabupaten Bantul berinisiatif mendirikan Sentra Tosan Aji di Pasar Seni Gabusan sebagai tempat untuk mendukung hal tersebut.

Selain itu GBPH. H. Yudhaningrat selaku pembina Sentra Tosan Aji mengatakan bahwa perlu adanya edukasi terhadap generasi muda terkait warisan peninggalan para leluhur. Jangan sampai generasi lupa akan identitas dirinya sendiri.